Lomba Web dan Blog Sekolah Nasional 2008

By | August 3, 2008

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK/ICT) menjadi sebuah cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi. Teknologi yang mendukung cara tersebut makin disempurnakan dari waktu ke waktu. Perkembangan TIK/ICT  yang begitu cepat  terkadang membuat kita belum siap untuk memanfaatkannya secara maksimal.

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan TIK/ICT khususnya dalam pembelajaran masih sangat kurang. Sementara dalam menghadapi era globalisasi, pemanfaatan TIK/ICT menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja, terutama dalam belajar dan pembelajaran. Selain itu, kita juga dapat mengikuti setiap perkembangan baru di seluruh belahan dunia dengat mudah. Dengan kata lain, mau tidak mau kita harus mengetahui, memahami, menguasai bahkan mengembangkan teknologi tersebut agar tidak ketinggalan dalam perkembangan dunia yang makin global.

Dengan dasar pemikiran tersebut, SEAMEO Regional Open Learning Center (SEAMOLEC) berencana mengadakan Lomba Pemanfaatan TIK/ICT dalam bentuk Web dan Blog sekolah bagi Sekolah Lanjutan Pertama (SMP/MTs/SLB) dan Sekolah Lanjutan Atas (SMU/SMK/MA/MAK/SLB) dan Pesantren. Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian komunitas pendidikan terhadap perkembangan dan pemanfaatan TIK/ICT khususnya untuk pembelajaran.

Maksud dan Tujuan

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu mengurangi dan mempersempit kesenjangan dalam pemanfaatan TIK/ICT di bidang pendidikan serta saling berbagi (sharing) ilmu pengetahuan di antara sekolah-sekolah di Indonesia. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas daring (online community) bagi guru dan siswa di tingkat pendidikan menengah dan penggunaan TIK/ICT dalam pembelajaran, agar dapat saling berbagi informasi dan pengetahuan berkenaan dengan TIK/ICT dan pembelajaran.

Secara khusus tujuan kegiatan ini adalah:

  1. membentuk komunitas pendidikan (educational community);
  2. berbagi pengetahuan dan keterampilan TIK/ICT berkenaan dengan bidang pendidikan;
  3. meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam pemanfaatan TIK/ICT untuk pembelajaran.
  4. saling berbagi ilmu pengetahuan, khususnya mata pelajaran yang diujikan di Ujian Akhir Nasional.
Judul Kegiatan
“Lomba Web dan Blog Sekolah Tingkat Nasional”
Pelaksanaan
  1. Pendaftaran:  1 Agustus – 4 Oktober 2008
  2. Pelaksanaan Pembuatan Web dan Blog Sekolah berakhir pada tanggal 4 Oktober 2008.
  3. Penilaian: 6 – 18 Oktober 2008
  4. Pengumuman pemenang : 20 Oktober 2008 (diumumkan melalui website: http://www.seamolec.org
  5. Penyerahan hadiah: 28 Oktober 2008 (diikutsertakan pada Upacara Hari Sumpah Pemuda)
Persyaratan
  1. Peserta lomba adalah semua sekolah tingkat SMP/MTs, SMU/SMK/MA/MAK, SLB, dan Pesantren,
  2. Peserta adalah sekolah yang belum pernah menjuarai lomba sejenis sebelumnya.
Kriteria Web dan Blog yang dilombakan

Secara umum Web dan Blog Sekolah menampilkan tingkat kepedulian sekolah terhadap pemanfaatan TIK/ICT dalam pembelajaran.

A. Penilaian Web akan mencakup informasi dan kriteria sebagai berikut.

  1. Desain Web
  2. Data dan Informasi Sekolah, yang a.l meliputi:
    a. Profil Sekolah

    b. Visi dan Misi
    c. Kegiatan Sekolah
    d. Berita Seputar Sekolah
    e. Taut ke luar (external link)
  3. Taut (link) ke minimal 1 (satu) blog Guru
  4. Taut ke minimal 1 (satu) blog Siswa
  5. Ditampilkan dalam Bahasa Indonesia
  6. Waktu pembuatan Web Sekolah dan Blog Guru maupun Siswa tidak harus bersamaan dengan waktu pendaftaran.

B. Penilaian Blog

1. Blog Guru

  1. Blog dapat menggunakan layanan khusus blog (misalnya wordpress, blogspot, blogdetik, dan lain-lain), namun harus terhubung / tertaut dengan web sekolah.
  2. Dapat menggunakan blog yang sudah ada atau sudah ditulis sebelumnya, tidak dipersyaratkan untuk dibuat pada tanggal tertentu.
  3. Artikel yang dinilai, harus dibuat atau ditulis antara tanggal 1 Agustus hingga 4 Oktober 2008 (dibuktikan dengan tanggal tulisan pada blog yang bersangkutan) dengan memasukkan tag ”lomba web log” dan ”SEAMOLEC”.
  4. Blog harus berisi informasi tentang penulis atau profil guru serta minimal 1 (satu) artikel tentang mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional.
  5. Artikel tentang mata pelajaran harus berisi bahan/materi ajar yang siap dibaca atau dipelajari oleh siswa dalam bentuk paparan 1 sub pokok bahasan secara lengkap disertai contoh soal dan pembahasannya, minimal 2 (dua) buah soal.

2. Blog Siswa

  1. Blog dapat menggunakan layanan khusus blog (misalnya wordpress, blogspot, blogdetik, dan lain-lain), namun harus terhubung / tertaut dengan web sekolah.
  2. Dapat menggunakan blog yang sudah ada atau sudah ditulis sebelumnya, tidak dipersyaratkan untuk dibuat pada tanggal tertentu.
  3. Artikel yang dinilai harus dibuat atau ditulis antara tanggal 1 Agustus hingga 4 Oktober 2008 (dibuktikan dengan tanggal tulisan pada blog yang bersangkutan) dengan memasukkan tag ”lomba web log” dan ”SEAMOLEC”.
  4. Blog harus berisi informasi penulis atau profil siswa serta minimal 2 (dua) artikel tentang ”pemanfaatan TIK di sekolahku” dan ”ekstrakurikuler di sekolahku”.
  5. Artikel tentang pemanfaatan TIK di sekolahku berisi tentang pengalaman penulis dalam menggunakan TIK di sekolah dan segala pernak-perniknya.
  6. Artikel tentang ekstrakurikuler di sekolahku berisi tentang pengalaman penulis dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan pernak-perniknya.
  7. Gaya tulisan bebas dan menggunakan bahasa Indonesia yang ”baik” dan ”komunikatif”.

Sistem Penilaian

  1. Peserta mengirimkan alamat Web Sekolah melalui e-mail kepada Panitia: lombablog@seamolec.org dan mendaftarkan webnya pada laman http://lombablog.seamolec.org
  2. Kriteria penilaian adalah sebagai berikut:
    1. Web Sekolah (40%)
      1. Desain Visual (tata letak/layout, tipografi, dan warna)
      2. Navigasi dan Struktur
      3. Isi/konten (data dan informasi sekolah)
      4. Fungsionalitas
      5. Interaktivitas
    2. Blog Guru (30 %)
      1. Desain Visual (pemilihan tema / themes)
      2. Profil Guru
      3. Artikel Mata Pelajaran (Kesesuaian dengan kurikulum, kemudahan, keterbacaan, kelengkapan materi, tambahan foto dan gambar, serta kejelasan pembahasan soal)
      4. Interaktivitas (Komentar pada blog)
    3. Blog Siswa (30 %)
      1. Desain Visual (pemilihan tema / themes)
      2. Profil Siswa
      3. Artikel Pemanfaatan IT di Sekolah (gaya bahasa, gaya bertutur, foto, dan gambar)
      4. Artikel Ekstrakurikuler di Sekolah (gaya bahasa, gaya bertutur, foto, dan gambar)
      5. Interaktivitas (Komentar pada blog)
Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara daring (online) melalui email lombablog@seamolec.org dan website: http://lombablog.seamolec.org

Hadiah

Juara I : Trofi dan uang Rp. 10.000.000
Juara II: Trofi dan uang Rp. 7.500.000
Juara III: Trofi dan uang Rp. 5.000.000

Bagi Pemenang dari luar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok, biaya transportasi dan akomodasi pada waktu penyerahan piala ditanggung oleh Panitia.