Alternatives to Photoshop in Linux

Setelah beralih ke linux banyak pertanyaan yang muncul tentang software alternatif pengganti yang bisa digunakan di linux, contoh kali ini adalah software alternatif yang free untuk pengganti photoshop.

di bawah ini saya sampaikan beberapa software yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti Adobe photoshop

1. GIMP
GIMP adalah singkatan dari “GNU image manipulation program”, dan merupakan salah satu aplikasi yang paling tua dan paling terkenal sebagai alternatif untuk Photoshop. Walaupun vitur yang ada tidak selengkap photoshop, tetapi sebagian besar fitur utama Photoshop sudah ada di GIMP.

Apabila anda ingin agar GIMP bisa sangat mirip dengan photoshop anda bisa menggunakan GIMPShop.


2. Krita
Krita didesain lebih pada kemudahan dalam menggunakannya dan pernah memenangkan Akademy Award for Best Application pada tahun 2006.
Krita merupakan Bagian dari Koffice suite untuk Linux, dalam hal vitur Krita masih miskin dibanding dengan GIMP, tetapi mempunyai beberapa fitur unik.

3. Paint.NET
Paint.NET didesain untuk menggantikan MSPaint dengan penambahan dukungan dasar. Sayang Paint.NET hanya bisa berjalan di Windows. Unutk di linux bisa menggunakan WINE.

4. ChocoFlop
ChocoFlop adalah aplikasi desain yang dirancang khusus untuk Mac, dioptimasi untuk arsitektur Mac. fitur cukup baik. ChocoFlop menggunakan Apple CoreImage teknologi, dengan memanfaatkan kemampuan graphics card (GPU).

5. Cinepaint
Cinepaint dirancang terutama untuk pengolahan video yang sering digunakan untuk membuat film animasi, tetapi untuk editor foto mampu mengolah 32 bin warna.

6. Pixia
Pixia pada awalnya hanya dirancang untuk konsumsi di Jepang, tetapi sekarang ada versi bahasa Inggris. Walaupun awalnya hanya fokus pada anime / manga, tetapi fitur image editor sangat bagus.
Pixia berjalan di Windows, untuk pengguna linux bisa di install via WINE.

7. Pixen
Pixen dirancang sebagai pembuat animasi, Pixen hanya berjalan di Mac saja.

8. Picnik
Picnik adalah aplikasi web based photo editor. Picnik memiliki semua fitur dasar ditambah beberapa fitur seperti layer dan efek khusus.

9. Splashup
Splashup adalah aplikasi web based, Splashup mempunyai fitur yang cukup komplit termasuk layer. Mempunyai kemudahan membuat aplikasi photo sharing websites.

10. Adobe Photoshop Express
Adobe Photoshop Express adalah versi free dari Adobe Photoshop, fitur dasar cukup lengkap tanpa ada kemampuan layer.

11. Artweaver
Artweaver adalah program untuk mengolah gambar dengan fitur semua effect artistic. Dilengkapi juga fitur membuat sketche dari photo.

12. Sumo Paint
Sumo Paint adalah web based image editor.

13. Aviary
Aviary adalah web-based image manipulation tools termasuk vector editor. Mempunyai fitur yang bagus mampu mengimport dan membuka image dari URL.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar