Finance/Accounting Software for Linux

By | February 26, 2009

Untuk membantu management dari UKM atau usaha kecil maka bisa dipertimbangkan penggunaan linux dengan menggunakan software akuntansi atau keuangan.
Terdapat cukup banyak software akuntansi atau keuangan yang free dan bisa digunakan di linux.

Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa software akuntansi atau keuangan yang free, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. GnuCash
GnuCash awalnya dikembangkan agar mirip dengan Quicken ( personal finance management tool ) yang dikembangkan oleh Intuit, Inc
GnuCash memiliki fitur akuntansi untuk usaha kecil. Dirancang agar mudah digunakan, namun handal dan fleksibel, memungkinkan Anda untuk melacak rekening bank, saham, pendapat dan pengeluaran. Beberapa fitur yang utama adalah:

* Scheduled Transactions
* Mortgage & Loan Repayment Druid
* Double-Entry Accounting
* Small Business Accounting Features
* OFX, QIF Import
* Transaction-Import Matching Support
* (Limited) Multi-User SQL Support
* Multi-Currency Transaction Handling
* Stock/Mutual Fund Portfolios
* Online Stock & Mutual Fund Quotes


2. OpenERP
OpenERP mempunyai vitur yang lengkap di sistem ERP dan CRM. Komponen clien dan server sudah dipisahkan.
Fitur yang ada diantaranya fitur manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, manajemen persediaan, manajemen penjualan dan pembelian, tugas otomatisasi, Human Resource Management, kampanye pemasaran, bantuan, dan titik penjualan.
Modul ERP yang sangat lengkap dan sangat modular, dengan 350 modul yang sudah tersedia. Ini didasarkan pada arsitektur MVC yang kuat, yang didistribusikan dengan server, fleksibel workflows, obyek database yang dinamis GUI, XML-RPC interface, dan laporan.

3. Compiere
Compiere adalah sebuah ERP dan solusi bisnis CRM untuk Usaha Kecil dan Medium Enterprise dalam distribusi, ritel, manufaktur dan jasa. Compiere didistribusikan oleh Compiere, Inc dan melalui Jaringan Mitra Compiere.
Aplikasi dan kode sumber yang disediakan berdasarkan GNU General Public License versi 2.

4. Adempiere
Adempiere adalah proyek komunitas yang mengembangkan dan mendukung solusi bisnis open source dengan nama yang sama yang memberikan Enterprise Resource Planning, Customer Relationship Management dan Supply Chain Management fungsionalitas.
Berikut bidang bisnis yang dicakup oleh Aplikasi Adempiere :
* Enterprise Resource Planning (ERP)
* Supply Chain Management (SCM)
* Customer Relationship Management (CRM)
* Financial Performance Analysis
* Integrated Point of sale (POS) solution
* Integrated Web Store

5. SQL-Ledger
SQL-Ledger adalah double entry accounting/ERP system. Akuntansi data yang disimpan dalam database SQL server, untuk menampilkan teks atau GUI browser yang dapat digunakan. Seluruh sistem ini terhubung melalui chart account.
Setiap item dalam inventaris yang dihubungkan dengan pendapatan, biaya, dan inventarisasi rekening pajak. Bila item yang dijual dan dibeli, account akan secara otomatis diperbarui. Tagihan, Packing Lists, Income Statement, Neraca, Penjualan, Kerja dan Pesanan Pembelian, Pernyataan, Penerimaan dan Cek dihasilkan dari template dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan anda.

6. KMyMoney
Accuracy, Ease of use, Familiar Features. KMyMoney berniat untuk memberikan semua fitur penting yang ditemukan dalam software akuntansi yang komersial.

7. PostBooks

PostBooks adalah aplikasi full-featured, fully-integrated accounting, ERP, dan CRM system, dikembangkan berdasarkan aplikasi xTuple ERP Suite.

Dibangun menggunakan open source PostgreSQL database, dan open source Qt framework for C++, modul yang ditawarkan adalah :

  • Accounting (general ledger, accounts receivable and payable, bank reconciliation, financial reporting)
  • Sales (quotes, order entry, sales reporting, shipping)
  • CRM (universal address book, incident management, opportunity management, to-do lists, project management)
  • Purchasing (purchase orders, receiving, vendor reporting)
  • Product Definition (items, infinite-level bills of material)
  • Inventory (multiple locations, other advanced warehouse features)
  • Light Manufacturing (work orders, strong support for make-to-order)
  • OpenRPT open source report writer

semoga bermanfaat 🙂