RAW image tools for Linux

By | February 18, 2009

RAW images adalah image dengan very high image quality tanpa ada mode compression yang sering di hasilkan dari kamera digital menggunakan JPEG format.
Yang menjadi masalah adalah belum ada pendefinisian type Raw images ini, jadi masih di tentukan oleh format file dan model kompresi atau “codec”, oleh karena itu setiap kamera akan menentukan format image tersendiri. Oleh karena itu kita akan kesulitan mencari Free image editor dengan decent RAW support.

Di Linux, ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengolah RAW image, Berikut ini daftar Tools yang bisa digunakan

1. gPhoto2

gPhoto2 adalah aplikasi khusus untuk mengambil image dalam kamera atau memori flash , gPhoto2 mampu mendukung lebih dari 1000 jenis kamera digital.

tidak hanya mampu mendetect dan mendownload file image langsung dari digital camera, gPhoto juga mampu melakukan capture images atau video secara remotely ke kamera.

gPhoto2 tidak bisa digunakan untuk melakukan editing image, movies atau audio , jadi aplikasi hanya mampu digunakan untuk mengambil image dari kamera saja.



2. DCraw

DCraw mempunyai dukungan yang paling komplit untuk RAW libraries for Linux. DCraw dibuat dengan C-language source code, sehingga mudah di kompile dan dijalankan di beberapa platform, seperti windows dan Mac OS X. File binary bisa di ambil di DCraw website. Contoh cara menggunakan DCraw bisa di lihat di sini.

3. UFRaw

Menurut Website UFRaw, UFRaw adalah singkatan dari “unidentified flying RAW”. UFRaw memiliki keuntungan digunakan oleh GIMP sebagai sebuah plugin dan digunakan untuk memperbaiki kekurangan GIMP dalam pengolahan 8-bit per channel warna.

4. RawStudio

RawStudio mirip dengan UFRaw tetapi di dikembangkan dari DCRaw. Rawstudio mendukung semua format RAW yang didukung oleh UFRaw dan mampu mengkonversi menjadi format yang lebih umum seperti JPEG atau TIFF.

5. RawTherapee

RawTherapee merupakan bentuk lain dari front-end untuk DCraw tetapi memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak ada di RawStudio termasuk lens distortion and chromatic aberration correction tools.

RawTherapee juga tersedia versi Windows. Juga mendukung Intel SSE extensions.

6. digiKam

DigiKam didukung oleh libkdcraw, yang merupakan bagian dari proyek KIPI (KDE Image Plugin Interface). DigiKam lebih mengarah ke photo management tool, disamping itu juga memiliki kemampuan sebagai image editor.

7. Picasa

Google Picasa dapat menggunakan library DCRaw, untuk mengolah RAW image formats. Picasa dalam tampilan dan viturnya mirip dengan DigiKam.

8. RawView

RawView menggunakan library yang di desain untuk Java. Oleh karena itu sangat cocok apabila anda bekerja dilingkungan java, namun saya dukungan file format RAW image masih terbatas.

9. Qtpfsgui

Qtpfsgui di desain sebagai tool untuk HDR (high dynamic range) imaging. HDRI is all about trying to capture greater differences between white and black than you’d normally get in digital photography so as to create more life-like images.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*