Plugin Standart yang harus ada di WordPress

By | January 7, 2009

Bagi pemula yang baru memulai ngeblog mungkin akan muncul pertanyaan plugin apa aja yang minimal harus ada di wordpress.
Pertanyaan ini juga dulu sempat jadi permasalah saya juga.

Setelah mencoba mengamati beberapa blog wordpress yang sudah populer, plugin standart yang harus ada di wordpress bisa di rangkum sebagai berikut :

1. Akismet, plugin ini adalah plugin yang harus ada di sebuah wordpress. Plugin ini berfungsi sebagai anti spam

2.  All in On SEO Pack , plugin ini merupakan kumpulan beberapa tool yang berguna agar wordpress SEO bisa lebih baik.

3. Chuck URLs , plugin ini berfungsi apabila ada seseorang yang menuliskan comment dengan menggunakan url yang panjang sekali maka plugin ini akan secara otomatis akan menata kembali format url sehingga tidak sampai merusat design web

4. Custom Query String , plugin ini berfungsi untuk mengatur berapa post yang akan dimunculkan di setiap type halaman yang berbeda sebagai contoh saya ingin menampilkan 9 post di halaman home page, dan saya akan menampilkan 11 post di halaman hasil search dan akan menampilkan 15 post di halaman category.

5.  Related posts, plugin ini menampilkan daftar post berdasarkan text yang ada di post yang dibuka. plugin ini sangat berguna krena bisa memunculkan semua posting yang mempunyai subject yang hampir sama.


6.  WP-ContactForm , plugin ini menambahkan contact form, tampilannya cukup simple dan aman dari spam.

7. WP-SuperCache , plugin ini berfungsi membuat cache untuk setiap post yang di publish. mempunyai banyak feature dan sangat baik untuk meningkatkan performa blog.

8. Feedburner FeedSmith , plugin ini bisa berfungsi secara otomatis akan mengarahkan semua RSS feeds ke Feedburner.

9. Popularity Contest , plugin ini bisa secara otomatis memunculkan post terbaik atau post yang paling populer di blog kita.

10. Sidebar Widgets , plugin ini bisa digunakan untuk menambahkan beberapa widgets yang menarik ke dalam sidebar tanpa harus tahu tentang HTML.

Untuk yang ingin mengembangkan blog lebih jauh semacam google ads dan lain sebagainya memang akan butuh banyak plugin yang bisa digunakan tetapi 10 plugin diatas adalah kebutuhan standart yang di butuhkan oleh sebuah blog.

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*