Print to pdf file di windows

By | August 5, 2008

Portable Document Format (PDF) adalah format file standard yang memenuhi keamanan dan realible dalam mendistribusikan dan pertukaran elektronik dokumen dan form di internet.
Para pengguna OS windows kadang kesulitan untuk mentransfer file dari format MS Word ke PDF. Beberapa solusi yang bisa di tempuh adalah sebagai berikut :

1. Install Cute Pdf Write. Program ini adalah free. instalasinya mudah dia akan mentransfer file ke pdf melalui fasilitas Print. Sewaktu install program ini membutuhkan PS2PDF converter, jadi perlu install converter.exe terlebih dahulu.
untuk cara penggunaan bisa dilihat di gambar di bawah :


Dibagian Properties bisa digunakan untuk mengatur output file pdf, mau pake color apa cuman black/white.
Setelah semua setting sesuai tinggal klik OK dan akan diminta menuliskan nama file pdf. Sudah deh jadi 🙂
2. Install doPDF free PDF Converter , program ini lebih sederhana di banding Cute Pdf Write, outputnya hanya bisa black/white pdf. Program ini juga sama-sama Free.
Untuk Penggunaan juga sama melalui fasiltas Print, langkahnya bisa di lihat di bawah :

3. Install Microsoft Save As PDF Add-In , Sayang Add-in ini hanya bisa di gunakan untuk MS Office 2007. Saya sudah coba untuk aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint semua bisa save as pdf.
Setelah install Add-in, sewaktu menjalankan Office 2007 akan muncul form berikut :

OK deh 😀

3 thoughts on “Print to pdf file di windows

  1. Purnama

    tolong dong bagaimana cara ngeprint format pdf secara automatis agar kertas bisa digunakan bolak balik maksudnya tahap pertama kita print hal. ganjil setelah itu kita balik semua kertasnya untuk print yang hal yang genap bagaimana caranya yacchhh tolong dong terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*